Sabtu, 29 November 2014

Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD



Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD



ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

MATA PELAJARAN     : PENJAS ORKES
KELAS                           : X
MATERI  AJAR             : SEPAK BOLA
Domain
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Lingkup Materi
Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai  Kompetensi 
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
Siswa berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.

Siswa menghiasi dirinya dalam setiap aktifitas belajar dengan mengingat kepada Allah sang pencipta
Memahami fungsi tubuh untuk kesehatan jasmani sebagai anugerah  Allah.

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik











Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Berperilaku sportif dalam bermain.
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.

Perilaku sosial dalam pembelajaran
Tidak mencederai lawan. Membersihkan lapangan dari benda-benda yang bisa menimbulkan cedera.
Mengecek alat-alat olahraga untuk layak digunakan.  Memahami kemampuan masing- masing individu dalam bermain. Bisa bekerja sama dengan teman yang lain dalam bermain.
Menggunakan secara bergilir alat-alat           olahraga dengan teman. Melakukan aktivitas dengan mentaati            peraturan yang ada. Mau menerima hasil apapun dalam bermain dengan sportif yang tinggi.












Observasi: mengamati kegiatan peserta didik
Pengetahuan
Membangun
nan menerapkan
 dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.


Memahami keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan

Mencari dan membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik.
Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke gawang) dan membuat catatan hasil pengamatan.

Secara bergantian saling bertanya tentang teknik dasar sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) dengan menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”, apa yang akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju.

Tes tertulis
Ketrampilan
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.


Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan

Bermain sepak bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.

Mengumpan bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil bergerak secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
Mengontrol bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
Mengontrol bola dengan berbagai bagian tubuh
Menggiring bola dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
Menggiring bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
Menembak bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang
Mengkombinasikan gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
Mendiskusikan setiap teknik dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan  yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar  permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar   permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Membandingkan hasil pengamatan pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas dalam (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) hingga menemukan pola yang paling sesuai untuk diterapkan di dalam permainan.
Menemukan variasi pola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang berkenaan dengan bola.


Melakukan permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permainan


Tes praktek


Tidak ada komentar:

Posting Komentar