ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
MATA PELAJARAN : PENJAS
ORKES
KELAS : X
MATERI AJAR
: SEPAK BOLA
Domain
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Lingkup
Materi
|
Aktivitas/Kegiatan
Belajar Siswa
untuk
Mencapai Kompetensi
|
Teknik dan
Bentuk Instrumen Penilaian
|
Sikap
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan
yang tidak ternilai.Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan
dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
|
Siswa berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang
dianutnya.
|
Siswa menghiasi
dirinya dalam setiap aktifitas belajar dengan mengingat kepada Allah sang
pencipta
Memahami fungsi
tubuh untuk kesehatan jasmani sebagai anugerah Allah.
|
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
Berperilaku
sportif dalam bermain.
Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
Perilaku sosial dalam pembelajaran
|
Tidak mencederai
lawan.
Membersihkan lapangan dari benda-benda yang bisa menimbulkan cedera.
Mengecek alat-alat olahraga untuk layak digunakan. Memahami kemampuan masing- masing individu
dalam bermain. Bisa bekerja sama dengan teman yang lain dalam bermain.
Menggunakan secara bergilir alat-alat olahraga dengan teman. Melakukan
aktivitas dengan mentaati
peraturan yang ada. Mau menerima hasil apapun dalam bermain dengan
sportif yang tinggi.
|
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik
|
||
Pengetahuan
|
Membangun
nan menerapkan
dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
|
Memahami keterampilan permainan dan
olahraga dengan menggunakan peraturan
|
Mencari dan
membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak
bola ke gawang) dari berbagai
sumber media cetak atau elektronik.
Mengamati
pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat
catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan,
mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke
gawang) dan membuat
catatan hasil pengamatan.
Secara
bergantian saling bertanya tentang teknik dasar sepak bola, misalnya :
bagaimana jalannya bola jika (mengumpan, mengontrol,
menggiring, dan menembak bola ke gawang) dengan menendang pada bagian bawah/dasar
bola “bagaimana pergerakan bola?”, apa yang akan terjadi bila menendang pada
titik tengah bola, berpakah kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai
pada titik sasaran yang akan di tuju.
|
Tes tertulis
|
Ketrampilan
|
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran
jasmani, serta kebersihan lingkungan
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan
koordinasi gerak yang baik.
|
Mempraktekkan keterampilan permainan
dan olahraga dengan menggunakan peraturan
|
Bermain sepak
bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan
tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol,
menggiring, posisi, dan menembak
bola ke gawang) yang
dilakukan oleh temannya selama bermain.
Mengumpan bola
dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil
bergerak secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan
nilai kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
Mengontrol bola
dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual,
berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan bertanggung jawab dan
disiplin
Mengontrol bola
dengan berbagai bagian tubuh
Menggiring bola
dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual dengan
menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
Menggiring bola
dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual
dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
Menembak bola
dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang
Mengkombinasikan
gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
Mendiskusikan setiap teknik
dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak
bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mendiskusikan
kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat
melakukan variasi teknik
dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak
bola ke gawang) dengan benar
dan membuat
kesimpulannya.
Mendiskusikan bagaimana
cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak
bola ke gawang) dengan benar
dan membuat kesimpulannya.
Membandingkan
hasil pengamatan pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan
gerak di kelas dalam (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) hingga menemukan pola yang paling sesuai
untuk diterapkan di dalam permainan.
Menemukan
variasi pola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak
bola ke gawang) yang paling
sesuai untuk kebutuhan sendiri
Menemukan dan
menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dengan
menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang
berkenaan dengan bola.
Melakukan
permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan
menerapkan variasi dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan
menembak bola ke gawang serta menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
Menunjukkan
perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permainan
|
Tes praktek
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar